Alhijaz Indowisata

Haji 2021 Ada Gak Ya?

Haji 2021 Ada Gak Ya?

Haji 2021 Ada Gak Ya? Banyak perubahan yang muncul yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19, diantaranya terkait tentang penyelenggaraan ibadah Haji 2021 di Tanah Suci. Walaupun belum ada kepastian mengenai pemberangkatan haji 2021, Pemerintah melalui Kementrian Agama (Kemenag) sudah memperhitungkan mengenai pemberangkatan kloter pertama yang disebutkan akan dilaksanakan 15 juni 2021. Dimana sebelumnya pemberangkatan jamaah haji asal Indonesia 2020 dibatalkan mengingat pandemi Covid-19masih melanda hampir seluruh dunia, begitu pula Indonesia dan juga Arab Saudi.Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama RI No.494 Tahun 2020.

        

Pada laman Kementerian agama, Menteri agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan pihaknya belum bisa memastikan apakah ibadah haji 2021 terlaksana atau tidak. Ketidakpastian ini disebabkan Indonesia dan semua negara yang ada masih menanti keputusan dari Pemerintah arab Saudi, apakah mereka akan membuka pelaksanaan ibadah haji yang merupakan rukun iIslam ini atau tidak.

Haji 2021 Ada Gak Ya?  belum ada kepastian mengenai keberangkatan, namun puhak Kementerian Agama terus melakukan upaya persiapan, karena waktu keberangkatan jamaah haji, andai berjalan sesuai dengan rencana, akan semakin dekat.Hal tersebut disampaikam oleh Gus Yaqut, panggilan akrabnya.seperti yang dirilis Kompas .co selasa (19/1/2021),”Waktu yang tersisa untuk persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442H / 2021M hanya berkisar 5 bulan. Mengingat ruang lingkup  pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yang begitu luas, maka waktu yang tersisa sangat terbatas, sehingga berbagai persiapan harus segera dilakukan,” kaya Yaqut.

Hal itu disampaikan Gus Yaqut, begitu dia akrab disapa, saat Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/1/2021). “Waktu yang tersisa untuk persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442H/2021M hanya berkisar 5 bulan. Mengingat ruang lingkup pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yang begitu luas, maka waktu yang tersisa sangat terbatas, sehingga berbagai persiapan harus segera dilakukan,” kata Yaqut.

   

Haji 2021 Ada Gak Ya?  tentang pelaksanaan ibadah Haji 2021 sampai saat ini belum ada ditemui titik terang. “Pihaknya akan terus membahas kondisi dan fleksibilitas jamaah haji Pakistan dalam menunaikan haji 2021”, ujar Menteri Federal Urusan Agama Pakistan, Noor-UL-Haq Qadri.

Ia mengatakan Arab Saudi meminta negara-negara Islam untuk menunggu sebelum membuat rencana lebih lanjut terkait ibadah haji. Kondisi dan situasi setiap negara saat ini dalam pantauan, hingga ditemukan kejelasan yang berhubungan dengan virus ini.

Arab Saudi pun berharap agar dalam dua bulan kedepan situasi Covid-19 akan membaik dan terus meningkat, mengingat saat ini sudah ada vaksin.

Noor-UL-Haq Qadri berkata “Kami menyadari kekhawatitran orang=orang tentang haji. Kami terus-menerus berhubungan dengan otoritas Arab Saudi dalam hal ini”, dilansir di Pakistan Observer, Sabtu(13/2).

Sampai berita ini dibuat, ia juga menyebut kerajaan Arab Saudi belum menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Pakistan terkait dengan ibadah Haji.

Haji 2021 Ada Gak Ya?  informasi, Kerajaan Arab Saudi hanya mengizinkan sejumlah umat muslim sebanyal 10.000 orang untuk melaksanakan ibadah haji tahun lalu 2020.Dimana keputusan ini di ambil dengan mengingat pandemi Covid-19 yang ketika itu masih tinggi tingkat penyebarannya di seluruh dunia.

Pada saat ini Pemerintahan Arab Saudi dikatakan sedang memantau mengenai situasi dan kondisi C0vid-19 dan juga mengumpulkan semua data dari semua negara. Pemerintahan Arab Saudi akan segera memberi tahu Pakistan setelah situasi membaik.

Pakistan akan mengadakan pertemuan dengan Saudi dan menjelaskan situasi dan kondisinya, ujar Noor-UL-Haq Qodri. “InsyaAllah kalau sudah jelas semuanya akan kita rencanakan haji sesuai dengan itu,” ucapnya.

Ia juga menegaskan bahwa, untuk saat ini pihaknya tidak dapat menginformasikan kepada publik tentang jumlah pasti jamaah yang akan menghadiri haji tahunan 2021.Ia harus mengunggu keputusan akhir dari Pemerintah Saudi terkait hal ini.

Pada pelaksanaan ibadah haji nanti Pemerintah Pakistan memastikan untuk memberikan Vaksinasi Covid-19 kepada mereka yang ingin menunaikan ibadah haji. Kesadaran mengenai Vaksinasi akan dikampanyakan dengan fokus pada persyaratan kesehatan Pemerintah Saudi dan rekomendasi bagi mereka yang berpergian ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Haji 2021 Ada Gak Ya?

Skema Pemberangkatan Jamaah Haji

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan otoritas Arab Saudi untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan ibadah haji 2021.Sebelumnya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian agama Nizar mengatakan pihaknya telah menyiapakn 3 skema pemberangkatan jamaah haji 2021, yaitu :

  • Pandemi sudah berakhir. Dimana kuota haji akan kembali normal
  • Covid-19 belum sepenuhnya hilang. Akan dilakukan pembatasan atau pengurangan kuota. “jika diasumsikan berkurang 50 persen dari kuota saat ini,maka akan ada jamaah yang mundur lagi keberangkatannta.ini juga akan berakibat pada daftar tunggu yang semakin panjang”katanya.
  • Wabah Covid-19 masih tinggi dan belum dapat tertangani.Maka pemberangkatan haji ditunda lagi.

Semoga Wabah ini segera berakhir dan kita semua dapat melaksanakan Haji dan Umrah,aamiin

Baca Juga : Haji Furoda 2021

 

Sumber : ihram.co.& Kompas.co

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Travel Haji & Umroh Terbaik Indonesia